Senin, 26 November 2012

PIALA AFF 2012

(Tuan Rumah Malaysia – Thailand)

Indonesia pada Matchday 1 Piala AFF mengawali pertandingan perdana penyisihan grup dengan hasil yang kurang memuaskan dengan hanya bermain imbang kala menghadapi tim lemah Laos. Pertandingan ini berlangsung Minggu sore (25/11/2012) di Stadium Bukit Jalil Malaysia. 

Dengan hasil ini Indonesia jalan Indonesia sedikit terjal untuk bisa lolos ke fase berikutnya mengingat lawan-lawan yang akan dihadapi berikutnya merupakan tim-tim yang relatif lebih kuat dibanding Laos yaitu tuan rumah Malaysia dan Singapura.

Pada paruh babak pertama Indonesia sudah ketinggalan 1-0 lewat titik pinalti dari Laos akibat pelanggaran yang dilakukan oleh sang penjaga gawang Indonesia Hendra Prasetya yang mengakibatkan kartu merah bagi Tim Indonesia, sehingga Indonesia harus bermain dengan 10 orang dan pemain Laos tidak menyia-nyiakan kesempatan mencetak gol lewat titik putih. Beruntung bagi Indonesia selang beberapa menit kemudian penyerang sayap Andik Vermansyah dilanggar dengan keras oleh pemain Laos sehingga berbuah kartu merah bagi pemain Laos sehingga kedua tim sama-sama bermain dengan 10 orang pemain.

Indonesia baru bisa menyamakan kedudukan di menit-menit akhir babak kedua lewat sundulan yang dilakukan pemain debutan Timnas untuk Piala AFF yaitu pemain naturalisasi Raphael Maitimo pada menit 43’ menyambut sundulan BP yang menyentuh mistar gawang dan bola mental sehingga Raphael dengan posturnya yang ideal dengan mudah menyundul kembali bola dan terjadi gol balasan, kedudukan seri 1-1, skor bertahan hingga turun minum.

Di paruh babak kedua Indonesia melakukan beberapa pergantian pemain dan sedikit perubahan skema permainan sehingga Indonesia sedikit menguasai jalannya pertandingan dan lebih agresiv sehingga tempo permainan meningkat, beberapa peluangpun tercipta dari kedua tim jual beli serangan terus terjadi . Indonesia terus menekan, namun apes bagi Indonesia lewat serangan balik cepat Laos terciptalah gol kedua mereka dan Indonesia kembali ketinggalan skor menjadi 1-2 bagi Laos.

Namun lagi-lagi Indonesia selamat dari kekalahan berkat sontekan Vendry Mofu yang menyambut bola rebound penjaga gawang Laos yang kurang baik menangkap bola tendangan Andik Vermansyah dari area kotak pinalti, dan terciptalah gol kedua bagi Indonesia di menit 90’ waktu normal. Sampai peluit panjang dibunyikan tidak ada lagi gol tercipta sehingga pertandingan berakhir dengan skor 2-2.

Susunan Pemain Indonesia:
Endra Prasetya (GK), Handi Ramdhan, Wahyu Wijiastanto, Raphael Maitimo, Novan Setya, Taufiq, Tonnie Cusell, Andik Vermansyah, Oktovianus Maniani, Irfan Bachdim, Bambang Pamungkas. 

Susunan Pemain Laos:
Sengphachan Bounthisanh (GK), Ketsada Souksavanh, Khampoumy Hanevilay, Souksamay Manhmanyvong, Kovanh Namthavixay, Soukaphone Vongchiengkham, Visay Phaphouvannin, Phatthana Syvilay, Vilayout Sayyabounsou, Sopha Saysana, Khampheng Sayavutthi.

Hasil Pertandingan Matchday 1 Grup A (24/11/2012)
Thailand vs Philipina (2-1) FT
Vietnam vs Myanmar (1-1) FT

Hasil Pertandingan Matchday 1 Grup B (25/11/2012)
Indonesia vs Laos (1-1) FT
Malaysia vs Singapura (0-3) FT

Hasil Pertandingan Matchday 2 Grup A (27/11/2012)
Philipina vs Vietnam (1-0) FT
Myanmar vs Thailand (0-4) FT

Pencetak Gol:
1.Teerasil Dangda (Thailand 3 Gol)
2. Shahril Ishak (Singapura 2 Gol)
3. Aleksandar Duric (Singapura 1 Gol)
4. Raphael Maitimo (Indonesia 1 Gol)
5. Vendry Mofu (Indonesia 1 Gol)
6. Khampheng Sayavutthi (Laos 1 Gol)
7. Keoviengphet Liththideth (Laos 1 Gol)
8. Jakkapan Pornsai (Thailand 1 Gol)
9. Anucha Kitpongsri (Thailand 1 Gol)
10.Apipoo Sunthornpanavej (Thailand 1 Gol)
11. Paul Murders (Philipina 1 Gol)
12.Emelio Caligdong (Philipina 1 Gol)
13. Tan Tai (Vietnam 1 Gol)
14. Ky Lin (Myanmar 1 Gol)

KLASEMEN SEMENTARA GRUP A
Thailand 6
Philipina 3
Vietnam 1
Myanmar 1

KLASEMEN SEMENTARA GRUP B
Singapura 3
Indonesia 1
Laos 1
Malaysia 0

JADWAL GRUP A
Thailand vs Vietnam
Philipina vs Myanmar

JADWAL GRUP B
Indonesia vs Singapura
Malaysia vs Laos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar